Pentingnya Self-Care dalam Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya Self-Care dalam Menjaga Kesehatan Mental

Bandung (31/05/2024) - Halo Sobat J-Flers, tahukah kamu berdasarkan data tingkat depresi antarnegara 2023 yang dimuat laman World Population Review menyebutkan bahwa di Indonesia ditemukan lebih dari 9 juta kasus depresi?

Dilansir melalui sehatnegeriku.kemkes.go.id gangguan kesehatan mental atau depresi merupakan masalah kejiwaan yang rentan terjadi pada remaja. Menurut World Health Organization depresi merupakan suatu kondisi kesehatan mental umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Hal ini ditandai dengan suasana hati yang rendah atau hilangnya kesenangan atau minat terhadap aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Orang dengan depresi mungkin mengalami gangguan tidur dan perubahan nafsu makan. Mereka mungkin memiliki perasaan rendah diri, pikiran tentang kematian, dan keputusasaan tentang masa depan. Kelelahan dan konsentrasi buruk juga sering terjadi.

Data di Indonesia menunjukkan sebanyak 6,1 % penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan kesehatan mental. Hal tersebut menjadi perhatian bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan mental. WHO menyebutkan, kesehatan mental adalah hak asasi mendasar yang dimiliki setiap manusia. Seseorang harus terbebas dari masalah mental sehingga dia dapat memperoleh kesejahteraan dalam hidup.

Self-care merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat tetap menjaga kesehatan mental. Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik akan mampu belajar, mengatasi tekanan, bekerja dengan baik, belajar, dan mempunyai kontribusi bagi kebaikan komunitasnya. Dalam hal ini, meskipun terlihat sederhana namun self-care seringkali terlupakan dalam kesibukan sehari-hari. Berikut beberapa tips self-care yang dapat dicoba untuk menjaga kesehatan mental dan fisik:

  1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri
  1. Jadwalkan Waktu Pribadi: Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan hal yang disukai, seperti membaca buku, menonton film, atau sekadar berjalan-jalan.
  2. Meditasi dan Relaksasi: Luangkan beberapa menit setiap hari untuk meditasi atau latihan pernapasan dalam untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

2. Jaga Pola Makan Sehat

  1. Konsumsi Makanan Seimbang: Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks.
  2. Hindari Junk Food: Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh.

3. Aktivitas Fisik Rutin

  1. Olahraga Teratur: Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih olahraga yang Sobat J-Flers nikmati, seperti berlari, bersepeda, atau yoga.
  2. Gerakan Ringan: Jika waktu terbatas, lakukan gerakan ringan seperti peregangan atau berjalan-jalan singkat di sela-sela aktivitas.

4. Istirahat yang Cukup

  1. Tidur yang Berkualitas: Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam. Buat rutinitas tidur yang konsisten dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.
  2. Istirahat Singkat: Jangan ragu untuk mengambil istirahat singkat di tengah hari kerja untuk meregangkan tubuh dan mengistirahatkan pikiran.

5. Hindari Teknologi Berlebihan

  1. Batas Waktu Layar: Batasi waktu yang dihabiskan di depan layar, baik itu komputer, ponsel, atau televisi. Luangkan waktu untuk kegiatan offline.
  2. Detoks Digital: Cobalah untuk tidak menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur Sobat J-Flers.

Self-care atau merawat diri merupakan kebutuhan dasar yang perlu diprioritaskan. Dengan menerapkan aktivitas sederhana di atas, diharapkan Sobat J-Flers dapatmenjaga keseimbangan antara rutinitas dan kesehatan.

Sumber referensi:

https://tirto.id/info-data-kesehatan-mental-masyarakat-indonesia-tahun-2023
https://worldpopulationreview.com/country-rankings/depression-rates-by-country

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231012/3644025/menjaga-kesehatan-mental-para-penerus-bangsa/ https://www.who.int/health-topics/depression#tab=tab_1

Bagikan konten ini: