JFLS Goes to School 2023: Relawan JFLS GTS Bersemangat Sosialisasikan JFLS Kepada Siswa/i SMK/SMA/MA Sederajat di Kab. Tasikmalaya

JFLS Goes to School 2023: Relawan JFLS GTS Bersemangat Sosialisasikan JFLS Kepada Siswa/i SMK/SMA/MA Sederajat di Kab. Tasikmalaya

JFLS - JFLS Goes to School 2023 akan kembali hadir di 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat.

JFLS Goes to School merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan JFLS Expo 2023. Pada tahun ini, JFLS Goes to School (GTS) akan menyapa siswa-siswi SMA sederajat yang ada di Jawa Barat salah satunya Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Koordinator Lapangan Relawan JFLS Goes to School 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Hamda Nilan mengatakan “JFLS GTS merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada generasi muda Jawa Barat demi bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi”.

JFLS Goes to School 2023 menjadi upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) dan capaian JFLS dari tahun 2019 hingga 2023 kepada masyarakat Jawa Barat.

Hamda Nilan menuturkan bahwa "Melalui JFLS Goes to School ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menginformasikan kepada masyarakat bahwa JFLS merupakan salah satu program unggulan," ujar melalui pesan WhatsApp, Minggu 29 Oktober 2023.

Sebagai penerima beasiswa JFLS tahun 2021 yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia, Hamda Nilan menyampaikan bahwa pelaksanaan JFLS Goes to School di Kabupaten Tasikmalaya akan dilaksanakan pada 1 - 3 November 2023 di 5 (lima) sekolah tingkat SMA sederajat di Kabupaten Tasikmalaya.

"SMA 1 Ciawi, SMA 1 Cisayong, SMA 1 Singaparna, MAN 2 Tasikmalaya, dan SMA 1 Cigalontang," tulis Hamda.

Lebih lanjut, Hamda menambahkan bahwa sosialisasi JFLS pada kegiatan JFLS GTS akan dilakukan oleh Relawan JFLS Goes to School asal Kabupaten Tasikmalaya yang sekaligus merupakan penerima JFLS "Untuk sosialisasi JFLS akan dilakukan oleh Relawan J-Flers yang berjumlah 10 orang," tuturnya.

Kesiapan Relawan JFLS Goes to School 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Hamda menyampaikan timnya sudah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah yang akan dikunjungi untuk membahas terkait waktu dan tempat pelaksanaannya.

Demi kesuksesan acara, Hamda mengatakan mereka terus melakukan rapat dan koordinasi baik dengan tim internal maupun dengan Tim JFLS.

Saat kegiatan berlangsung, Hamda berharap JFLS Goes to School 2023 dapat meningkatkan jumlah pendaftar dan submitter JFLS 2024 yang “Cerdas Mendaftar” terkhusus untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

"Nanti ada grup WhatsApp bagi siswa-siswi yang ingin bergabung untuk mengetahui lebih lanjut mengenai JFLS. Harapannya bisa sharing lagi mengenai JFLS terutama untuk SMA yang belum terpilih untuk kami kunjungi," tambahnya.

Senada dengan Hamda Nilan, salah satu Relawan JFLS Goes to School 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Shinta Hikmawati mengatakan dirinya sudah siap mensukseskan kegiatan JFLS Goes to School 2023.

Meskipun sedang berkuliah, Shinta Hikmawati mengaku tidak mengalami kendala untuk persiapan JFLS Goes to School 2023 karena selalu berkoordinasi dan komunikasi di grup relawan.

"Alhamdulillah, insyaAllah sudah siap, dari kami sendiri selalu koordinasi di grup relawan jika terdapat kendala ataupun informasi terbaru," kata Shinta.

Ditanyakan terkait alasan menjadi Relawan JFLS Goes to School Kabupaten Tasikmalaya, Shinta Hikmawati mengatakan dirinya memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa mengenalkan program unggulan Jawa Barat kepada siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Tasikmalaya, terkhusus ke asal sekolah di MAN 2 Tasikmalaya.

Menurutnya, kegiatan JFLS Goes to School sangat membantu siswa-siswi SMA sederajat agar bisa mendapatkan kesempatan dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui beasiswa JFLS.

"Alasan lainnya mengapa saya ingin menjadi relawan karena ingin berterima kasih pada JFLS karena telah memilih saya sebagai awardee, dan saya juga ingin mengenalkan lebih luas ke masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya sendiri,'' tuturnya.

Mahasiswa Universitas Pasundan Program Studi Hubungan Internasional itu berharap dengan adanya rangkaian kegiatan JFLS Expo 2023 bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan melalui ketersebaran informasi yang merata di Provinsi Jawa Barat terkait beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship.

Tak hanya itu, Shinta berharap melalui JFLS Goes to School 2023 dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA sederajat untuk terus belajar dan menekuni keahliannya.

Tuturnya kembali, hal tersebut sangat penting karena akan menjadi peluang yang lebih besar untuk bisa mendapatkan berbagai beasiswa, termasuk JFLS yang merupakan Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, ia juga berharap sosialisasi JFLS dapat dilakukan secara menyeluruh ke SMA sederajat yang ada di Jawa Barat demi meningkatnya pemerataan akses pendidikan.

''Saya juga berharap untuk program JFLS ini, segmentasi untuk pendaftar dapat lebih diperluas lagi. Terakhir, saya harap program ini dapat terus berlangsung dan menjadi program utama dan unggulan agar sumber daya manusia dari masyarakat Jawa Barat sendiri dapat terus lebih baik lagi,'' pungkas mahasiswi penerima JFLS tahun 2021.

Daftar nama-nama Relawan JFLS Goes to School 2023 Kabupaten Tasikmalaya

Koordinator Lapangan:

  1. Hamda Nilan (Universitas Pendidikan Indonesia)
  2. Anisa Nabilaah Hasna (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Relawan:

  1. Siti Wadiatul Aqidah (Universitas Pendidikan Indonesia)
  2. Lucky Lukman Nulhakim (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
  3. Shinta Hikmawati (Universitas Pasundan)
  4. Elsa Sapitri (Universitas Siliwangi)
  5. Melati Emilia Putri (Universitas Islam KH. Ruhiat Cipasung)
  6. Sebi Sebina (Universitas Siliwangi)
  7. Wulan Sari (Universitas Siliwangi)
  8. Alya Wildaniah (Universitas Siliwangi)

Bagikan konten ini: