Peran Teknologi Digital dalam Mengintegrasikan Metode Pembelajaran pada bidang Pendidikan

Peran Teknologi Digital dalam Mengintegrasikan Metode Pembelajaran pada bidang Pendidikan

Kehadiran teknologi digital yang didukung dengan jaringan internet pada masa kini memberikan nuansa baru pada metode pembelajaran khususnya pada bidang pendidikan. Metode pembelajaran saat ini tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka yang sering kali di ruang kelas ataupun ruang perkuliahan tetapi juga melalui teknologi digital sebagai sarana pembelajaran. Proses interaksi semakin dinamis, perolehan maupun pencarian informasi pun semakin mudah didapatkan tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Pemanfaatan teknologi digital seperti smartphone, situs website, dan lainnya dapat diintegrasikan dalam metode pembelajaran di bidang pendidikan seperti hal nya pelaksanaan mengajar yang dikombinasikan antara tatap muka dan non-tatap muka melalui zoom ataupun ekplorasi kreativitas melalui pemanfaatan konten media sosial. Adapun salah satu case terkait pentingnya peran teknologi digital yakni pada saat adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada aspek kehidupan masyarakat salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Penyebaran Covid-19 yang sangat masif dan diberlakukannya kebijakan physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19 mengharuskan metode pembelajaran menjadi online baik pada jenjang pendidikan SD/SMP/SMA/SMK maupun perkuliahan.

Hal tersebut menuntut proses pembelajaran menggunakan sistem teknologi digital agar proses kegiatan belajar dan mengajar tetap dapat dilaksanakan. Dorongan ini merupakan hasil dari kesadaran pentingnya proses pembelajaran tetap dilaksanakan.  Namun dalam hal ini, hadirnya teknologi digital tidak menggesarkan metode pembelajaran secara tatap muka tetapi melengkapi satu sama lainnya pada situasi-situasi yang tidak memungkinkan adanya pembelajaran secara langsung.

Oleh karena itu, dewasa ini kemajuan teknologi digital memiliki peran penting pada semua aspek kehidupan salah satunya bidang pendidikan yang mana pada saat ini proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka maupun tidak tatap muka, selain itu sumber pembelajaran pun dapat dilengkapi dari internet melalui situs website yang kredibel dan terpercaya.

Bagikan konten ini: